14.46.00
A+ A-

Kenapa Group Mentor Sagusablog dihapus?


Sagusablog (Satu Guru Satu Blog) sejak awal berdiri tahun 2016 lalu hanya mempunya satu group telegram khusus untuk perekrutan dan koordinasi pelatih/ mentor sagusablog, dan Alhamdulillah karena semangat berbagi para Guru Indonesia, group mentor sagusablogpun terisi cukup banyak anggota, sampai 300 orang yang bergabung.


Seiring berjalannya waktu, disetiap kegiatan sagusablog saya selaku founder mengamati hanya sebagian kecil saja yang aktif berdiskusi dan turut serta melatih peserta dalam kegiatan sagusablog. Hal ini mungkin saja karena para mentor sagusablog ini sudah sibuk dengan kegiatan masing-masing, kegiatan sekolah, dan juga kegiatan kanal IGI yang lain, dikarenakan memang kebanyakan para mentor yang bergabung di sagusablog juga merupakan mentor dikegiatan yang lain.

Awal tahun 2021 saya berfikir kanal ini cukup banyak peminatnya, kanal ini sudah cukup besar, saya tidak mungkin bergerak sendiri, pengurus yang tercatat di sagusablog selama ini, mungkin hanya formalitas saja, karena memang tidak bisa bekerja maksimal. Oleh karenanya saya harus mencari calon pengurus yang bisa diajak kerjasama mengelola kanal ini, disamping itu saya juga harus menyaring para mentor sagusablog yang tetap ingin aktif di sagusablog dengan cara sederhana, yaitu saya hanya membuat group mentor baru, dan memberi pengumuman di group mentor lama, yang isinya bagi yang tetap ingin aktif sebagai mentor sagusablog, saya persilahkan untuk pindah ke group mentor yang baru melalui link bla bla bla.... sedangkan bagi yang tidak ikut pindah ke group mentor yang baru dalam waktu 2x24 jam, saya anggap mengundurkan diri dari mentor sagusablog, dan saya hanya bisa mengucapkan terimakasih atas kerja kerasnya selama ini.

Hasilnya dalam 2x24 jam, bahkan saya biarkan beberapa hari, yang masuk ke group mentor yang baru tidak sampai 100 orang dari 300 orang yang ada dalam group mentor ini. Ya, mungkin mereka sudah sibuk dengan kegiatan sendiri, atau sudah tidak ingin melanjutkan sebagai bagian dari mentor sagusablog, dengan amat terpaksa sayapun harus mengucapkan salam perpisahan dan menghapus group lama karena sudah tidak ada lagi yang merespon selain mentor-mentor yang sudah pindah group.

Setelah 2 bulan berjalan, ada beberapa mentor lama yang kaget, kenapa group mentor hilang, dan bertanya melalui japri telegram, sayapun menjelaskan seperti yang saya sampaikan di atas, dan saya pun tetap mempersilahkan jika ingin tetap bergabung sebagai mentor sagusablog, tentunya dengan catatan bisa lebih aktif dibanding sebelumnya.

Dan mulai tahun 2021 ini, untuk menjadi mentor sagusablog selain harus lulus sagusablog dasar dan lanjutan, juga harus lulus TOT Sagusablog, yang kegiatannya akan dijadwalkan di SIM Guru Pembelajar IGI (gurupembelajar.igi.or.id).