Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SAGUSABLOG di UPT Pendidikan Kec. Karangtengah Kab. Wonogiri #Roadshow1

LITERASI PRODUKTIF SAGUSABLOG SEBAGAI UPAYA MENANGGULANGI ANAK DARI PEMANFAATAN ANDROID SECARA TIDAK BENAR

Jauh dari pusat kota, acces jalan yang cukup sulit, medan yang terjal, minimnya signal internet, terbentang hutan yang luas, gunung-gunung yang tinggi, pemandangan alam yang indah, tampak para petani bercocok tanam sebagian ada yang memanen hasil tanamnya, itulah sedikit gambaran kondisi geografis salah satu Kecamatan di Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah. Karangtengah itulah nama dari Kecamatan itu, wilayah selatan Kabupaten Wonogiri yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Tepat pukul 08:14 WIB tanggal 06 Mei 2017 bertempat di Aula UPT Pendidikan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri, Tim Pelatih Literasi Sagusablog (Satu Guru Satu Blog) Ikatan Guru Indonesia Wonogiri yang terdiri dari Mr.Djoko Susilo, S.Pd dan Mr. Arta, S.PdI serta Mr. Arya Difana, S.IP diterima dengan kedua tangan oleh Kepala UPT melalui Kepala Kepegawaian Bapak Sarwoko Epnu Saputro dengan sangat hangat dan ramah serta sangat bersahabat. Mas Epnu sapaan akrab dari Kepala Kepegawaian UPT Pendidikan Kecamatan Karangtengah, mengungkapkan bahwa peserta Pelatihan Sagusablog terdiri dari 19 Operator Sekolah Dasar di Kecamatan Karangtengah Wonogiri sebagai ujung tombak Teknologi Informasi di Sekolah dan diharapkan dapat mengembangkan ilmu Blogger Pendidikan di sekolah masing-masing.

Jam dinding menunjukkan pukul 09:00 WIB, Mas Epnu mulai membuka Pelatihan dan menyerahkan waktu sepenuhnya kepada Tim Sagusablog. Tim Sagusablog memulai Pelatihan dengan memberikan beberapa pemahaman pentingnya literasi di dunia pendidikan karena sehebat apapun guru jika tidak membudayakan menulis dan membaca maka akan hilang ditelan sejarah. Begitu banyak ilmu yang dimiliki guru maka agar ilmu itu tetap bermanfaat serta tetap mengalir guru haruslah rajin untuk mewujudkan budaya literasi dimanapun mereka berada.

Bagaikan pisau bermata dua, itulah teknologi informasi. Disatu sisi sangat bermanfaat dan multiguna sedangkan disisi lain teknologi informasi juga dapat menimbulkan petaka yang dahsyat. Sisi manfaat memang teknologi informasi sangat menunjang kemajuan zaman, usaha, berita, hingga dakwah untuk persiapan menuju negeri keabadian yaitu akhirat. Dilain sisi teknologi informasi memiliki dampak negatif yang tidak dapat terbendung, banyak kemaksiatan yang mudah diacces dengan sentuhan jari dari rumah-rumah, lebih-lebih dengan menjamurnya media sosial di dunia maya.

Abad 21 merupakan abad perkembangan teknologi informasi. Berbagai informasi begitu mudah diacces melalui berbagai perangkat termasuk ponsel-ponsel pintar yang sudah menjamur dikalangan anak-anak. Perkembangan teknologi dan informasi memang sangat bagus dampak positifnya terhadap kemajuan peradaban suatu bangsa namun kita semua seharusnya mengambil langkah waspada tehadap dampak buruk dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Tidak dipungkiri lagi bahwa kemudahan acces tersebut jika tidak diperhatikan oleh para pendidik dalam hal ini guru dan orang tua maka akan berakibat buruk pula terhadap perkembangan permata hati kita.

Satu Guru Satu Blog Pembelajaran memberikan solusi tepat didalam mengarahkan anak-anak menuju pemanfaatan teknologi informasi dengan sebaik-baiknya. Dengan pendekatan sagusablog ini anak kita arahkan untuk dapat memanfaatkan ponsel mereka dengan mengakses berbagai materi pelajaran, mengakses soal latihan, tugas-tugas lain dan juga game-game pembelajaran sehingga anak tidak disibukkan dengan sosial media yang tidak jelas arahnya.

Literasi Produktif berbasis Sagusablog Dasar di wilayah perbatasan Wonogiri - Pacitan ini dilaksanakan dengan tujuan menciptakan media pembelajaran yang menyenangkan serta menanggulangi pemakaian android pada jalan yang salah. Literasi ini dilaksanakan dengan pola in dan on, pola in dilaksanakan selama 3 jam dan selebihnya dilaksanakan dengan pola online melalui media Sharegram. (Joko Susilo, IGI Wonogiri)

Bapak/ Ibu menginginkan SAGUSABLOG segera hadir didaerah anda? silahkan isi formulir pendaftaran di tautan berikut: http://www.sagusablog.com/p/daftar.html

Posting Komentar untuk "SAGUSABLOG di UPT Pendidikan Kec. Karangtengah Kab. Wonogiri #Roadshow1"