Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SAGUSABLOG DI LERENG GUNUNG LAWU, WONOGIRI #ROADSHOW 2

LITERASI PRODUKTIF SAGUSABLOG DI LERENG GUNUNG LAWU
“Soal Online sebagai Media Pembelajaran Anak”

Titik Koordinat 7°47'17.1"S 111°04'53.1"E, merupakan lokasi Roadshow 2 Literasi Sagusablog Wonogiri sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru di UPT Pendidikan Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Sebuah kecamatan yang terletak di lereng Gunung Lawu bagian selatan dan merupakan sentra industri genteng serta terkenal dengan keripik singkong sebagai penunjang sektor ekonomi warga masyarakat.

Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan. Kemajuan dan kemunduran suatu bangsa sangat tergantung pada maju dan mundurnya pendidikan. Karena dengan pendidikan manusia akan mengetahui kebaikan dan keburukan. Peradapan suatu bangsa akan bertahan dan semakin maju dengan sebab pendidikan juga.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, warga di kecamatan Girimarto juga tidak ketinggalan dalam merasakan begitu banyaknya dampak positif dari perkembangan teknologi. Mulai dari penunjang komunikasi keluarga, pekerjaan keseharian sampai dengan penunjang bisnis dengan berbagai relasi. Bahkan penggunaan media elektronik berupa ponsel-ponsel pintar sudah semakin merebak sampai kepada kalangan anak-anak. Penggunaan ponsel pintar pada anak akan berakibat fatal apabila orang tua termasuk para pendidik tidak mengarahkannya dengan baik.

Ponsel pintar atau yang kita kenal dengan android bisa menjadi sebab kenakalan anak jika tidak dapat memanfaatkannya di jalur yang lurus yaitu jalur kebaikan. Sebut saja media masa yang menyuguhkan berbagai gambar dan bahkan tayangan video yang tidak pantas, serta kriminalitas dan cerita-cerita cabul semua itu bisa menyerang fitrah yang suci pada diri anak-anak. Anak yang sudah tamyiz atau berakal akan selalu mengingat setiap apa yang dia tonton dan akan selalu melekat dalam benak serta menjadi khayalan mereka. Anak akan mudah terombang ambing, mudah terpengaruh dengan kebiasaan buruk serta akhlak yang tercela yang didapat dari ponsel-ponselnya. Kenakalannya semakin menjadi ketika perhatian para pendidik kurang. Dalam kondisi seperti itu anak akan sangat sulit untuk dikembalikan ke jalan yang lurus.

Para pendidik termasuk didalamnya adalah guru dan orang tua hendaknya benar-benar memberikan perhatian lebih terhadap interaksi anak dengan ponsel itu sendiri. Apa yang ada didalam ponselnya ? siapa saja kontak didalamnya ? sampai kepada apa yang pernah di acces melalui ponsel tersebut ? hendahnya ini benar-benar diperhatikan. Sungguh keberadaan ponsel pintar bagi anak akan sangat mempengaruhi pribadinya.

Teman yang baik akan berpengaruh baik pula terhadap terserapnya adab yang luhur dan begitu pula sebaliknya teman yang buruk akan memberikan kontribusi keburukan terhadap terjerumusnya anak dalam jeratan penyimpangan. Begitu pula ponsel yang digunakan dengan baik akan memberikan dampak kebaikan pula pemakainya, namun jika dimanfaatkan untuk keburukan maka akan memberikan keburukan seburuk-buruknya.

Ketika anak sudah terbiasa dengan android pintarnya dan orang tua merampasnya, tidak menutup kemungkinan anak akan semakin memberontak. Disinilah peran pendidik termasuk para guru dan orang tua harus pandai dalam menyikapi merebaknya media elektronik terutama android yang sudah hampir setiap anak memakainya.

Roadshow Satu Guru Satu Blog yang dikenal dengan sebutan SAGUSABLOG mengajak para pendidik untuk dapat memanfaatkan kemajuan dibidang teknologi khususnya Ponsel Pintar atau yang dikenal dengan android. Mengenalkan Media Pembelajaran berupa Blog dengan muatan berbagai materi dan latihan soal secara online merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengarahkan anak dalam kebaikan. Memberikan tugas-tugas online kepada anak dapat mengurangi pemanfaatan android secara tidak benar.

Roadshow kedua Satu Guru Satu Blog Ikatan Guru Indonesia bekerjasama dengan UPT Pendidikan Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri, diselenggarakan pada hari Senin tanggal 08 Mei 2017, bertempat di Aula SD Negeri 1 Girimarto dengan jumlah peserta 46 terdiri dari Guru, Pustakawan dan juga Staff Tata Usaha Sekolah Dasar se Kecamatan Girimarto. (Djoko Susilo, Tim Roadshow Sagusablog IGI Wonogiri)

Posting Komentar untuk "SAGUSABLOG DI LERENG GUNUNG LAWU, WONOGIRI #ROADSHOW 2"