BERBAGI DAN BELAJAR BERSAMA

Sabtu, 04 Februari 2017

Soal Bentuk Aljabar

Silahkan kerjakan soal-soal di bawah ini.

Perangkat Matematika Kelas VII Semester Ganjil KTSP

Perangkat pembelajaran matematika berikut terdiri dari:
  1. Perhitungan alokasi waktu
  2. Prota
  3. Prosem Kelas VII Semester Ganjil
  4. Silabus
  5. RPP Kelas VII Semester Ganjil
  6. KKM 
Download disini.

Tentang Ikatan Guru Indonesia

Gagasan pendirian Ikatan Guru Indonesia berasal dari diskusi di mailing list antara guru dan para praktisi pendidikan, dan dilanjutkan dengan aksi nyata melalui pelatihan-peatihan peningkatan kompetensi guru, dengan nama Klub guru Indonesia (KGI). Sambutan para guru di berbagai kota di Indonesia nampaknya cukup baik, sehingga di mana-mana kegiatan yang diadakan KGI selalu disambut hangat. Beberapa kota dan propinsi bahkan mendirikan perwakilan cabang/wilayah. Apresiasi yangdiberikan Mendiknas, Dirjen PMPTK, dan beberapa pajabat di Kemdiknas, serta dukungan dari pemerintah daerah.

Cerpen Sederhana

Mandiri Di atas Awan

            Pada salah satu sudut kota metropolitan hidup sebuah keluarga yang kaya. Keluarga tersebut memiliki anak gadis yang cantik jelita, karena dari kalangan keluarga menengah ke atas ia dapat membeli apa pun yang ia mau. Bahkan orang tuanya selalu menuruti kemamuan anaknya itu sehingga ia menjadi seorang gadis yang manja dan sebut saja namanya Nayla. Ia duduk di bangku kelas 2 SMA. Sifatya yang sombong dan suka memandang rendah orang lain sehingga banyak teman-temannya yang segan bergaul dengannya. Apalagi ia hanya ingin berteman dengan orang-orang yang sepadan dengannya.
            Suatu hari ketika ia sedang berada di sekolah dan berjalan menuju kantin sekolah bersama teman-temannya, di sepanjang jalan Nayla dilirik oleh semua orang karena kecantikannya. “Nayla cantik banget yah?”, kata salah satu siswa. “Iya, tapi sayang,,,orangnya sombong”, jawab siswa lainnya.
            Sesampainya di kantin ia memesan makanan favoritnya bersama temannya. “Mbak, aku mau ini, ini, dan ini,,,terus minumnya yang biasa yah!”, kata Nayla sambil menunjuk menu makanan. “Kita juga yah mbak”, kata teman Nayla yakni Angel dan Keisa.“Kali ini gue yang traktir”, kata Nayla dengan sombongnya. “Siipplah”, jawab teman Nayla.
            Tak lama kemudian, makanan pesanannya datang. “Lambat banget sih mbak, nggak tau apa kalau kita udah laper”, kata Nayla dengan nada yang tidak santun. “Maaf neng!”, ucap penjual tersebut sambil menaruh makanan di atas meja.
            Tiba-tiba muncul seorang siswa perempuan yang tak sengaja menyenggol makanan Nayla dan tumpah di pakaian Nayla. “Haaaa, apa-apaan sih loh..loh sengaja yah nyenggol mbak ini biar loh tumpahin di baju gue”, teriak Nayla. “Iya maaf aku nggak sengaja”, ucap pemohonan maaf gadis itu.
“Nggak sengaja,,,nggak sengaja,,,emang loh bisa gantiin baju gue,,,mahal tahu!”, bentaknya dengan sombong.
“Kan tadi gue udah minta maaf, kamu tuh yah, cantik-cantik kok sombong”, ucap gadis itu.
“Dasar gadis aneh, songong lagi!”, ucap Nayla sambil menyiram minuman di baju gadis itu.
Teman-teman Nayla hanya terdiam melihat perdebatan mereka berdua.
            Setelah beberapa hari dari kejadian tersebut, Nayla mengajak Angel dan Keisa untuk berwisata pada salah satu tempat wisata di kotanya yang cukup terkenal.
“Liburan yuk!,,besok kan kita libur”, ajak Nayla.
“Emang di mana?”, tanya Keisa.
“Yah kita lihat aja nanti, pasti kalian suka”, timpal Nayla.
“Okelah...!, jawab Angel.
          Keesokan harinya, Nayla menjemput Angel dan Keisa yang sudah berada di rumah Angel.  “Permisi...”, ucap Nayla sambil mengetuk pintu rumah Angel. Setelah itu, Angel dan Keisa keluar dengan membawa sebuah ransel masing-masing yang berisi perlengkapannya. “Gimana udah siap berangkat?”, tanya Nayla. “Siaplah..”, ucap Angel. “Buruan kita berangkat nih, penasaran dengan tempat wisatanya”, ajak Keisa dengan nada penasaran. Mereka pun mengendarai mobil Nayla menuju tempat wisata tersebut.
Beberapa jam kemudian tak terasa bagi mereka telah sampai pada tempat tujuannya. “Akhirnya sampai juga” ujar Nayla sambil melemaskan tangannya yang lelah menyetir.
:Di tengah hutan ini, Nay?” tanya Angel.
“Masa sih kita liburan di sini?” tambah Keisa.
Nayla hanya menggeleng-gelengkan kepalanya.”Angel, Kei, kalian pikir dong,,ngapain coba gue bawa kalian ke sini kalau cuma untuk ngelihat hutan ini!” ucap Nayla sambil menaikkan alisnya sebelah.
“Terus?” ujar Keisa.
“Tempat yang gue maksud itu ada di sana”, jawab Nayla sambil menunjuk ke arah atas bukit di depannya.
“Jadi, kita harus daki bukit itu?” ujar Angel.
“Yaa!” jawab Nayla.
            Mereka pun mendaki bukit itu dengan bersusah payah yang ketinggiannya kira-kira ± 2,5 km di atas permukaan laut untuk sampai di puncak bukitnya. Meski kondisi bukitnya yang licin sehingga beberapa kali mereka tergelincir. Namun hal tersebut tidak membuat mereka berputus asa.
        Setelah berusaha keras mereka pun sampai di atas bukit tersebut. “Wow!”, teriak Angel.
“Sumpah keren banget Nay”, seru Keisa.
“Tidak sia-sia perjuangan kita hari ini”, ujar Nayla.
“Bener banget”, timpal Angel.
“Kalau suasananya kayak gini sebulan tinggal di sini juga gue nggak akan bosen”, sahut Keisa.
Mereka pun menikmati keindahan alam yang terbentang luas di depan mata mereka. Hutan yang lebat nan hijau, sahut-sahutan binatang yang hidup di hutan, gunung-gunung yang saling bergandengan dan dibaluti awan putih, laut yang membentang luas, air sungai mengalir deras, air terjun yang melompat bebas dari ketinggian, serta perkebunan teh yang mengelilingi perbukitan yang membuat mata mereka kenyang menikmati panorama alam di salah satu sisi nusantara Indonesia yang elok. Hal-hal itu lah yang membuat mereka larut sehingga lupa waktu. Bahkan mereka menyempatkan diri melihat sunset di atas bukit.

Video Penggunaan Alat Peraga Septik

Buku ataupun guru bukan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Pemanfaatan lingkungan sekolah pun dapat dijadikan sumber belajar. Hal ini ternyata cukup efektif dalam mencipatakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi siswa. Sesuatu yang sangat sederhana bahkan terkadang bagi orang sudah tidak bermanfaat lagi dapat dijadikan sebagai alat peraga matematika sebagai sumber belajar. Sebagai contoh adalah memanfaatkan gelas plastik bekas kemasan air minum siswa yang terbuang percuma dan menjadi salah satu sampah yang paling banyak dijumpai dalam lingkungan sekolah. 

SEPTIK (Sampah Gelas Plastik) ini kemudian dimodifikasi menjadi alat peraga dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Dan seluruh kegiatannya mulai dari pengumpulan bahan, pembuatan alat peraga hingga penggunaannya seluruhnya melibatkan siswa, sehingga siswa merasa bagian dari proses pembelajaran tersebut dan menjadikan kegiatan mereka menjadi bermakna.

Berikut ini Video Penggunaan Alat Peraga SEPTIK.

Pelatihan Praktik Baik Se-SMP Kabupaten Wajo

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah komoetensi profesional. Sebagai wujud dalam peningkatan profesionalisme guru, Dinas Pendidikan Kab. Wajo bekerjasama dengan USAID Prioritas mengadakan pelatihan terhadap guru SMP diKabupaten Wajo. Dalam pelatihan tersebur, diikuti oleh 80 orang peserta dari berbagai kelompok mata pelajaran diantaranya Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. kegiatan ini berlangsung dari tanggal 14 - 17 Januari 2017 di Gedung Aisyiah.

Berbagai pengetahuan, pengalaman, dan sharing informasi terkait peningkatan kualitas pembelajaran dalam kelas. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh Fasilitator Daerah dan Provinsi. Kegiatan ini berbeda dengan pelatihan pada umumnya. Selain menerima materi, peserta pelatihan juga saling sharing, dan diakhir kegiatan diadakan peer teaching dan real teaching. 
Foto Bersama dengan Fasilitator Daerah dan Provinsi
Kelompok Guru Mapel Matematika


Kegiatan Real Teaching
Kegiatan menerima materi



Pada acara penutupan Pelatihan Praktik Yang Baik, dihadiri oleh Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Kepala LPMP memberikan apresiasi terhadap kegiatan pelatihan tersebut dan berharap kegiatan serupa terus berlanjut dan yang paling penting menurut beliau adalah dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran dalam kelas.


Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog)

Kelas SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) telah dibuka khusus anggota IGI (Ikatan Guru Indonesia). Silahkan anda gabung di group telegram SAGUSABLOG dengan cara KLIK https://doo.gl/lXCXfK untuk belajar bersama dengan rekan-rekan Guru Blogger di seluruh Indonesia. Kelas Online Perdana akan dimulai tanggal 22 Oktober 2016.

Syarat mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG sangat mudah:
  1. Install aplikasi TELEGRAM di smartphone, laptop atau tablet anda.
  2. Tunjukkan No. KTA IGI (Ikatan Guru Indonesia) anda.
  3. Ikuti workshop online dengan hati senang dan bahagia sampai TUNTAS.
Materi Kelas SAGUSABLOG:
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger.
  2. Mendesain template blog guru dengan template bawaan blogger.
  3. Mengganti template blog guru dengan template pihak ke 3.
  4. Mendesain header Blog guru.
  5. Mengelola Blog guru.
  6. Membuat soal online di Google Drive

Workshop Online SAGUSABLOG Satu Guru Satu Blog yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia menghasilkan sebuah karya berupa BERBAGI DAN BELAJAR BERSAMA, dan dalam kegiatan tersebut saya berhasil membuat blog yang saya beri alamat negaramangkubumi.blogspot.co.id,  Blog ini berisi informasi, pengetahuan, dan pengalaman terkait dalam dunia pendidikan dan proses pembelajaran. Blog ini adalah salah satu wadah untuk berbagi terhadap guru-guru seantero negeri melalui dunia maya. Dalam blog ini, teman-teman guru dapat memberikan masukan/komentar terhadap apa yang telah saya publikasikan. Bahkan diantaranya dapat diunduh sebagai perangkat pembelajaran. .

Tampilan blog yang sudah saya buat di SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Ikatan Guru Indonesia, untuk sementara seperti itu hasilnya, dan saya akan berusaha memperbaiki dan menambah konten-konten yang lebih bermanfaat di blog  negaramangkubumi.blogspot.co.id, sehingga kedepan konten-konten positif di internet akan semakin banyak dan bisa mengimbangi konten-konten negatif yang semakin lama semakin bertambah. Semoga bisa memberi manfaat pada dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Blog  BERBAGI DAN BELAJAR BERSAMA, karya NEGARA MANGKUBUMI K

Dari: SMP NEGERI 2 SENGKANG, SULAWESI SELATAN, WAJO

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget